Cara Menyembuhkan Cegukan Pada Bayi dengan Aman

Bagi anda yang memiliki bayi, dan tiba – tiba bayi anda mengalami cegukan, jangan bingung dan khawatir. Cegukan sebenarnya terjadi karena adanya kontraksi otot-otot diafragma yang dipicu oleh iritasi atau stimulasi pada otot. Anda harus mengetahui apa saja penyebab bayi anda tiba – tiba mengalami cegukan, penyebab yang pertama adalah teknik menyusui yang salah seperti puting ibu tidak masuk ke dalam mulut bayi secara keselauruhan, atau juga bisa saat bayi minum susu melalui botol dengan lubang botol susu yang terlalu lebar, dan menyebabkan udara akan masuk bersamaan, maka akan menimbulkan cegukan. Lalu, jika sudah terjadi hal demikian, lalu apa yang harus anda lakukan? Simak informasi selengkapnya berikut ini tentang cara menyembuhkan cegukan pada bayi secara aman.

Berikut ini adalah cara menyembuhkan cegukan pada bayi yang wajib anda ketahui

  1. Saat anda sedang menyusui bayi anda, jagalah kepala bayi anda agar posisinya lebih tinggi dari perutnya, namun juga jangan menekuk bagian lehernya.
  2. Cara yang kedua adalah dengan menepuk pungung bayi jangan terlalu keras, namun juga jangan terlalu pelan Lakukan hal ini selama 2 menitan. Cara ini dilakukan agar bayi bisa bersendawa setelah disusui.
  3. Jika bayi anda sudah mengalami cegukan, jangan memberinya makan atau minuman, jadi tunggulah sampai cegukan pada bayi anda berhenti.
  4. Jangan pernah melakukan hal seperti mengagetkannya, menekan bola matanya, bahkan sampai menarik lidahnya untuk menghilangkan cegukan. Karena cara yang satu ini belum terbukti sebagai cara menyembuhkan cegukan pada bayi.
  5. Untuk cara yang terakhir adalah dengan memeriksakan bayi anda ke dokter jika mengalami hal – hal seperti mengganggu saat menyusui dan mengganggu tidur, yang kedua adalah cegukan terjadi sangat sering bahkan sampai bayi anda berumur 1 tahun.

Itu adalah beberapa cara menyembuhkan cegukan pada bayi yang perlu anda ketahui. Ketahui dahulu penyebab apa yang membuat bayi anda mengalami cegukan. Dengan begitu, anda bisa mengerti cara menyembuhkannya. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk anda.