Kandungan dan Manfaat Kecipir

Apakah Anda pernah mendengar tentang kecipir? Kecipir merupakan sayur jenis polong-polongan yang bentuknya serupa dengan buncis dan juga kacang panjang, sebab memiliki pohon yang merambat. Sayur kecipir memiliki sebutan yang berbeda pada setiap wilayahnya seperti Cipir, Keceper, kacang belimbing, jaat, botor dan lainnya. Sayur kecipir muda biasanya sering dijadikan sebagai lalapan, di urap atau sayuran berkuah lainnya. Walaupun sayuran yang lezat ini tidak begitu terkenal apabila dibandingkan dengan sayur lainnya akan tetapi jangan anggap remeh sayur satu ini, karena didalamnya terdapat kandungan nutrisi yang cukup baik dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Adapun manfaat kecipir untuk kesehatan, diantaranya :

  • Meningkatkan Kecerdasan Otak

Kecipir memiliki kandungan protein yang sangat baik bagi tubuh salah satunya yaitu otak. Dan manfaat yang diberikan mampu mencerdaskan, meningkatkan kinerja, dan juga menguatkan memory ingatan. Sehingga membantu dalam pencegahan terjadinya pikun dan juga usia lanjut.

  • Menguatkan Janin Ibu Hamil

Kecipir memiliki kandungan flat yang cukup baik untuk di konsumsi, khususnya pada ibu hamil. Sebab, saat seseorang ibu tengah hamil dan mengkonsumsi kecipir maka dapat membantu untuk menjaga kesehatan janin atau calon buah hati dan selain itu dapat bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi dan tidak lahir dalam kondisi cacat.

  • Mencegah Kurang Darah

Manfaat kecipir lainnya yaitu untuk mencegah anemia. Salah satu kandungan dalam kecipir yaitu zat besi yang dapat digunakan untuk seseorang yang memiliki darah rendah atau mengatasi anemia.

  • Melancarkan Datang Bulan

Dengan konsumsi kecipir maka juga dapat bermanfaat untuk melancarkan proses terjadinya datang bulan dan menghilangkan efeknya contohnya seperti nyeri pada perut.

  • Sebagai Antioksidan

Kecipir memiliki kandungan  tocopherol yang bermanfaat sebagai antioksidan pada tubuh. Dan antioksidan ini dapat menangkal adanya radikal bebas dan dapat digunakan untuk menjaga system kekebalan tubuh dari serangan penyakit yang datang.

Demikian  manfaat kecipir yang telah diberikan. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda mengenai manfaat dari kecipir dan penggunaannya.