Manfaat Labu Manis Menangkal Radikal Bebas Penyebab Kanker

Buah Berwarna kuning yang identik dengan Halloween ini memiliki banyak manfaat. Manfaat labu manis antara lain dapat diolah menjadi berbagai varian makanan baik sebagai bahan utama maupun diolah menjadi flavor. Misalnya tepung labu manis banyak digunakan dalam pembuatan cake dan biscuit. Labu digemari karena rasanya yang manis sehingga sering digunakan untuk membuat dessert. Di Amerika labu manis menjadi salah satu flavor rasa dalam cake dan ice cream. Menjelang Halloween labu banyak diburu untuk digunakan sebagai bahan membuat hiasan Halloween. Daging dari buah ini bisa langsung diolah menjadi berbagai macam penganan sebagai keripik atau stick labu manis.

Selain manfaat sebagai bahan utama dalam membuat makanan, labu manis ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Manfaat labu manis untuk kesehatan terletak pada kandungan nutrisinya. Labu manis dikenal sebagai salah satu jenis buah yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Bahkan antikosidan yang terkandung dalam labu manis diyakini dapat menangkal radikal bebas yang bisa mencegah kanker lho. Selain antioksidan labu manis juga memiliki banyak kandungan gizi lain. Berikut zat dan nutrisi yang terkandung dalam labu manis:

  1. Labu manis mengandung karotenoid yang merupakan sumber antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker.
  2. Vitamin C. Vitamin C dikenal sebagai zat yang berperan dalam pembentukan kekebalan tubuh.
  3. Potassium merupakan jenis mineral yang mampu mencegah timbulnya hipertensi.
  4. Mineral yang satu ini mampu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Dan
  5. Kaya serat. Labu manis memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat yang terkandung dalam labu manis bisa menurunkan resiko terkena kanker serta penyakit jantung.

Manfaat labu manis yang lain yaitu bisa menjadi penawar racun pada  binatang. Bahkan biji dari labu manis bisa digunakan untuk obat cacing pita. Selain itu labu manis juga bisa digunakan sebagai pewarna makanan. Kandungan karotenoid membuat labu manis berwarna kekuningan sehingga air perasan buahnya dapat digunakan sebagai pewarna alami pada makanan.