Manfaat Kacang Buncis Bagi Kesehatan

Apakah anda penggemar sayur – sayuran ? Pasti anda pernah mendengar buncis. Buncis adalah salah satu jenis sayuran yang termasuk jenis polong – polongan. Buncis ini berbentuk seperti kacang panjang namun rasanya lebih manis dan lebih banyak mengandung air. Buncis termasuk polong-polongan, berupa kacang yang tertutupi oleh polong. Melihat dari bentuknya yang mirip antara buncis dan kacang panjang menandakan bahwa manfaat kacang buncis hampir sama dengan manfaat dari kacang panjang. Buncis memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan dan metabolisme tubuh apabila dikonsumsi secara rutin.

Ternyata buncis pun memiliki khasiat yang menakjubkan yang mungkin belum anda ketahui. Bagi anda yang ingin tahu manfaat kacang buncis, berikut ini adalah ulasannya.

  • Buncis dapat mengatasi gejala penyakit diabetes. Zat stigmasterol dan sitisterol yang terkandung di dalam buncis , memiliki fungsi untuk meningkatkan produksi insulin dari pankreas. Insulin akan mengontrol kadar gula darah pada tubuh. Semakin banyak produksi insulin maka akan semakin turun kadar gula darah.
  • Buncis mengandung serat yang tinggi, bila dikonsumsi secara keseluruhan sangat baik bagi pencernaaan. Serat pangan yang tinggi sangat baik dalam membantu menurunkan kadar kolesterol darah, obesitas, dan sembelit.
  • Buncis adalah sumber asam folat yang tinggi. Asam folat ini sangat bermanfaat bagi janin dan ibu hamil yang berguna untuk membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir. Selain itu buncis mampu melancarkan ASI bagi ibu hamil, buncis yang direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil adalah buncis yang berusia di bawah satu tahun atau disebut baby bean.
  • Buncis mengandung pitosterol, terutama ß-sitosterol yang tinggi. Penelitian menemukan bahwa sayuran seperti kacang-kacangan, buah-buahan, dan sereal kaya sterol berfungsi dalam membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
  • Buncis mengandung vitamin K yang sangat tinggi dan sangat bermanfaat dalam membangun masa tulang dengan menonjolkan aktivitas osteo-trofik dalam tulang. Zat ini pula yang

mampu membatasi kerusakan saraf di otak.

Demikianlah beberapa manfaat kacang buncis, mulailah dari sekarang untuk banyak mengkonsumsi kacang polong, salah satunya adalah buncis. Semoga artikel ini bermanfaat.