Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan

Daun bawang biasa kita gunakan sebagai salah satu bumbu pelengkap masakan. Daun bawang ini selalu ada di hampir semua masakan khas Indonesia. Daun bawang ini memang dapat menambah cita rasa kelezatan dalam berbagai jenis masakan. Aroma daun bawang yang lezat mampu menggugah selera untuk makanan. Bagi anda yang belum tahu banyak manfaat daun bawang ini bagi kesehatan dan juga kecantikan. Daun bawang bahkan dapat dijadikan obat untuk menyembuhkan penyakit.  Daun bawang sangat baik untuk kesehatan jantung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Daun bawang juga sangat berkhasiat  untuk penderita diabetes, mengatasi anemia, antibakteri dan kaya akan antioksidan. Daun bawang memiliki kandungan vitamin A, K dan C tinggi, asam folat, kalsium, potassium, protein, lemak, karbohidrat, serat dan rendah kalori yang tentunya sangat bermanfaat bagi metabolisme tubuh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun bawang bagi kesehatan :

  1. Menjaga kesehatan mata

Daun bawang  mengandungan pro-vitamin A sebanyak 24 µg. Jumlah tersebut  mencukupi asupan harian yang dibutuhkan oleh orang dewasa. Zat ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

  1. Baik untuk wanita hamil

Asam Folat yang terkandung di dalam daun bawang sangat baik untuk perkembangan dan kecerdasan janin.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Daun bawang  mengandung kalsium, vitamin C dan K yang baik untuk tulang.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Daun bawang mengandung antioksidan yang tinggi quercetin dan kemferfol. Zat ini sangat bermanfaat dalam melawan penyakit seperti pilek, demam, dan flu. Selain itu daun bawang juga mengandung anti-bakteri, anti-jamur dan anti-virus yang bermanfaat dalam  tubuh untuk melawan bakteri sehingga terhindar dari infeksi.

  1. Menyehatkan pencernaan

Serat yang terdapat di dalam daun bawang dapat menjaga kesehatan pencernaan dan menghindari sembelit.

  1. Kaya mineral, rendah kalori

Daun bawang ini kaya akan kandungan mineral, terutama zat besi dan kalium, karena zat besi sangat diperlukan dalam pembentukan sel darah merah. Kalium yang terdapat di dalam daun bawang berfungsi untuk mengatur kadar cairan tubuh, menjaga fungsi jantung, dan mencegah kram pada otot.

  1. Menyehatkan jantung

Senyawa cycloalliin yang terkandung di daun bawang berfungsi untuk mengencerkan darah agar terhindar dari penggumpalan. Oleh sebab itu daun bawang ini berkhasiat menghindari penyumbatan pembuluh darah jantung.

  1. Mencegah diabetes

Zat allium dan alil disulfida yang ada di daun bawang mampu mencegah degradasi insulin dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme glukosa, sehingga menghindari resiko diabetes.

Demikianlah beberapa manfaat daun bawang bagi kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat.