6 Manfaat Buah Timun untuk Kesehatan

Buah mentimun atau buah timun adalah salah satu buah yang sangat sering kita jumpai di warung makan. Berbagai jenis olahan timun seperti, digunakan untuk lalapan atau acar dapat dengan mudah kita jumpai sebagai pendamping berbagai jenis makanan. Manfaat buah timun untuk kesehatan dan kecantikan bisa diperoleh dengan mengonsumsinya secara langsung atau bisa juga di buat menjadi produk tertentu.

Berikut manfaat buah timun :

  1. Sebagai pembersih racun dalam tubuh

Timun dikenal dengan buah yang memiliki kandungan air yang sangat besar. 95 % dari kandungan timun adalah air. Racun – racun yang terdapat dalam tubuh akan keluar bersama dengan air ketika kita mengonsumsi timun.

  1. Mencegah sembelit

Selain memiliki kandungan air yang sangat melimpah, timun juga memiliki kandungan serat yang cukup banyak. Air dan serat ini mampu mencegah anda dari penyakit susah buang air besar atau sembelit.

  1. Menurunkan tekanan darah

Kandungan sterol dalam buah timun mampu untuk mengontrol tekanan darah menjadi lebih stabil sehingga anda akan terhindar dari berbegai ancaman penyakit berbahaya seperti penyakit tekanan darah tinggi.

  1. Obat diabetes

Kurangnya hormon insulin dalam darah sehingga tubuh akan sulit untuk memecah gula dalam darah adalah penyebab utama penyakit diabates. Buah timun memiliki sebuah hormon yang dapat digunakan untuk meningkatkan produksi insulin.

  1. Penangkal kanker

Zat yang terkandung dalam timun yakni lignin yang dapat digunakan untuk mencegah segala jenis penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker rahim dan kanker prostat.

  1. Mengurangi kadar kolesterol

Kandungan sterol dalam buah timun ini mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Kolesterol yang ada dalam tubuh mampu meningkatkan resiko penyakit jantung dan segala resiko penyakit serius lainnya.

Meskipun manfaat buah timun sangat banyak namun anda juga harus membatasi konsumsi buah mentimun ini. Karena buah mentimun ini ternyata memiliki efek yang tidak terlalu baik jika dikonsumsi secara terus menerus dan berlebihan misalnya keputihan dan lainnya.