Tentang Olahraga Renang dan Manfaatnya

Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang mampu meningkatkan kesehatan  seseorang, renang juga merupakan olahraga tanpa gaya gravitasi. Artikel kali ini akan membahas tentang olahraga renang dan manfaatnya. Berenang terbilang minim resiko cedera fisik dibandingkan dengan jenis olahraga fisik lainnya, karena saat berenang seluruh berat badan ditahan oleh air atau mengapung. Olahraga renang memiliki berbagai macam teknik, mulai dari teknik yang paling dasar seperti teknik gaya bebas dan katak hingga teknik berenang professional yaitu teknik gaya kupu-kupu. Sebelum melakukan olahraga renang, harus terlebih dahulu melakukan pemanasan agar tubuh dapat menyesuaikan dan tidak kaget. Karena jika berenang tanpa pemanasan maka resiko kram didalam kolam renang semakin besar, hal ini akan berbahaya apalagi jika kita berada didalam kolam renang dalam karena dapat menyebabkan kita tenggelam. Pemanasan juga berguna untuk membuat jantung beradaptasi sehingga kinerjanya tidak kaget saat dibawa kedalam air.

Beberapa pemanasan yang dapat dilakukan sebelum berenang adalah sebagai berikut, lakukan gerakan ringan seperti mengayunkan tangan dan kaki, menggerakan badan, atau berjalan di sekitar kolam selama 10-15 menit. Jangan lupa lakukan stretching kepala, tangan dan kaki, karena saat berenang kita akan menggunakan seluruh bagian tubuh tersebut, atur juga pernafasan. Setelah itu masuklah ke kolam renang dan lakukan gerakan kecil di dalamnya, seperti berjalan dan latihan mengambang sejenak sebelum akhirnya anda berenang sesuai dengan teknik renang yang anda punyai di kolam renang. Dibawah ini kita akan lebih dalam membahas tentang olahraga renang dan manfaatnya.

Seperti halnya olahraga lain, olahraga renang juga banyak memberikan manfaat bagi kesehatan. Berenang akan membantu kita terhindar dari obesitas atau kelebihan berat badan, meningkatkan kekuatan otot, menghilangkan stress, menghilangkan nyeri punggung, meninggikan badan, bahkan kanker payudara. Berenang dengan teknik atau cara tertentu juga bermanfaat bagi kehamilan. Berikut tentang olahraga renang dan manfaatnya;

  1. Mencegah obesitas, berenang adalah olahraga yang sangat bermanfaat untuk mengurangi kelebihan badan atau obesitas. Renang akan membakar lebih banyak kalori dalam tubuh kita, bahkan kalori yang terbakar bisa mencapai 8000-9000 kalori dalam waktu 1 jam berenang.
  2. Menguatkan otot, orang yang memiliki intensitas berenang lebih sering dibanding orang lain cenderung memiliki masa otot yang lebih padat dan kuat.
  3. Menghilangkan stress, berenang dengan cara yang baik akan membawa ketenangan di dalam hari anda. Suara dan segarnya air yang mengepung tubuh anda akan mengirimkan sinyal relaksasi sehingga tubuh dan pikiran pun akan lebih rileks dan nyaman.
  4. Meredakan sakit punggung, semakin bertambahnya umur maka nyeri atau sakit punggung akan semakin terasa, salah satu cara untuk meminimalisir nyeri atau sakit punggung adalah dengan berenang.
  5. Kehamilan, berenang juga dapat membantu ibu hamil agar lebih kuat dan tidak gampang keguguran. Karena berenang membantu memperkuat otot perut dan bahu. Hal ini juga dapat dilakukan untuk mengurangi berbagai macam keluhan yang menimpa ibu hamil seperti nyeri sendi maupun tulang dan otot.
  6. Kanker payudara, para ahli medis banyak menyarankan bagi penderita kanker payudara yang telah selesai di operasi (tentunya setelah luka mengering) untuk melakukan olahraga renang karena dipercaya dapat mengencangkan kembali otot-otot di payudara yang melemah.
  7. Meningkatkan tinggi badan, berenang akan sangat baik dan terlihat hasilnya jika dilakukan dari semenjak kecil dan pada masa pubertas. Karena dengan berenang akan merangsang pertumbuhan otot dan tulang lebih cepat sehingga proses pertumbuhan tinggi badan pun akan semakin cepat.

Demikian kita telah membahas tentang olahraga renang dan manfaatnya, yang perlu menjadi perhatian dalam olahraga renang disini adalah terdapat beberapa resiko yaitu seperti infeksi kulit, infeksi mata dan telinga, diare, dan demam, jika air yang digunakan didalam kolam renang tidak baik. Berenang juga dapat membuat resiko masalah tulang karena ketiadaan gravitasi membuat perubahan pada masa tulang sehingga olahraga renang harus diimbangi dengan olahraga fisik lainnya juga. Jangan lupa untuk melindungi kulit anda dari sinar ultraviolet dengan selalu menggunakan tabir surya sebelum berenang. Semoga bermanfaat.