Manfaat Konsumsi Daging Ayam

Ayam adalah hewan unggas yang diternakkan di berbagai negara. Ayam di Indonesia dimanfaatkan untuk dijadikan makanan yang penuh dengan gizi. Malah daging ayam menjadi lauk yang digemari oleh hampir semua orang yang ada disekitar kita. Harganya yang lebih murah menjadi pilihan ibu rumah tangga untuk membeli daripada daging sapi atau kambing lainnya yang lebih mahal. walaupun murah akan tetapi kandungan gizi didalamnya mampu memenuhi kebutuhan tubuh manusia. Ayam yang dikonsumsi dinegara kita ada dua jenis, yaitu ayam potong dan ayam kampung. Ayam potong lebih beresiko daripada ayam kampung, karena ayam kampung adalah ayam yang dipelihara dikampung – kampung tanpa memberikan zat kimia atau obat yang bertujuan agar ayam cepat besar.

Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk anda mengkonsumsi ayam kampung daripada ayam potong. Walaupun mempunyai kekurangan, ayam tetaplah ayam yang mempunyai manfaat disisi lainnya. Dan perlu anda ketahui bahwa makan – makanan apapun jika berlebihan akan mengakibatkan kejelekan, begitu juga dengan ayam, jika dikonsumsi dengan banyak maka akan mengganggu kesehatan tubuh kita. Maka konsumsilah ayam sesuai kebutuhan sehari-hari, dan imbangi dengan makan banyak sayur dan buah-buahan. Sedangkan banyaknya gizi yang ada pada daging ayam berukuran 100 gramĀ  mempunyai kandungan didalamnya yaitu lemak 4 gram, lemak jenuh 1 gram, kolesterol 85 miligram, protein 74 miligram, dan sodium 74 miligram.

Berikut ini ada beberapa manfaat jika kita mengkonsumsi ayam. Manfaat yang diberikan akan selalu berhubungan dengan kesehatan pada tubuh kita. Manfaatnya antara lain :

  1. Menguatkan tulang

Ayam sangat bermanfaat dalam mengembalikan fungsi tulang yang keropos. Atau jika anda dalam keadaan operasi pemulihan pasca sakit tulang, maka makan ayam adalah cara yang tepat untuk dilakukan. Dan bagi orang tua yang tulangnya mulai keropos dan bisa saja terkena osteoporosis, maka konsumsilah daging ayam.

  1. Membantu pertumbuhan

Jika anda mempunyai anak atau adik yang masih dalam masa pertumbuhan, maka konsumsilah daging ayam. Karena daging ini akan mampu membantu anak dalam masa pertumbuhan, sehingga pertumbuhan pada anak akan tumbuh dengan proses yang maksimal

  1. Mencegah niacin

Lauk ini sangat digemari oleh orang-orang, ternyata mempunyai kandungan niacin yang bermanfaat untuk memperbaiki dan menghindari sel DNA yang rusak yang mampu menyebabkan kanker

  1. Mengandung zat besi sehingga terhindar dari anemia

Zat besi ternyata tidak hanya terkandung pada sayur bayam saja, tetapi daging ayam juga mengandung zat besi, sehingga mampu untuk menghindari dari anemia, juga mampu meregenerasi sel darah merah.

Cara pengolahan ayampun harus diperhatikan, jika anda memotong ayam sendiri, berikut ini cara – cara praktis, bersih dan sehat untuk dikonsumsi, pertama cari ayam yang tidak terlalu muda dan terlalu tua, terlalu tua akan menyebabkan daging alot dan susah dimakan, potong ayam tersebut dengan pisau yang tajam, jika anda muslim maka potong dahulu dengan baca bismilah dan potong sesuai syariat Islam, yaitu terpotongnya tenggorokan dan kerongkongan yang mana sebagai jalan makanan dan pernafasan, kemudian potong sesuai keinginan anda, bersihkan, hingga bulu – bulu yang menempel semua hilang. Atau bisa juga dengan merebusnya, kemudian baru bulu – bulunya di hilangkan. Setelah siap, maka anda bisa membuat berbagai menu ayam sesuai keinginan. Demikian cara mengolah ayam yang baik dan sehat. Selain itu disarankan untuk mengkonsumsi daging ayam kampung daripada ayam potong, karena ayam potong yang berasal dari peternak biasanya mempunyai kadar kimia yang tinggi.