Manfaat Jahe sebagai Herbal untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jahe dikenal sebagai salah satu kelompok rempah-rempah yang memiliki banyak khasiat. Tanaman herbal yang bernama latin Zingiber Officinale ini memiliki cita rasa yang pedas khas jahe yang dihasilkan dari kandungan senyawa keton, yaitu zingeron. Manfaat jahe yang paling umum diketahui masyarakat adalah sebagai penghangat tubuh saat cuaca dingin. Taukah Anda bahwa jahe yang memiliki beragam varietas seperti jahe gajah, jahe merah dan jahe kuning ini memiliki banyak manfaat selain menghangatkan tubuh? Mari kita simak manfaatnya berikut ini.

Tanaman herbal jahe ini tidak hanya berguna untuk menghangatkan tubuh dengan cara dibuat wedhang jahe hangat yang dapat dicampur susu, kopi, atau madu. Ada beragam manfaat jahe yang berguna untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya,

  1. Obat anti mabuk kendaraan

Jahe merupakan tanaman herbal yang dapat meredakan rasa mual yang menyebabkan mabuk saat di perjalanan. Sifatnya yang hangat di badan dan melegakan saluran pernafasan dapat membuat tubuh kita lebih nyaman saat di kendaraan untuk perjalanan jauh.

  1. Mengatasi Morning sickness

Morning sickness atau rasa pusing dan mual di pagi hari yang sering diderita ibu hamil dapat diredakan dengan segelas wedhang jahe hangat karena manfaat jahe sebagai anti mual yang efektif. Dapat juga diberi satu sendok air jeruk nipis untuk khasiat yang lebih maksimal.

  1. Menyehatkan jantung

Jahe berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam tubuh, terutama lemak jahat. Kolesterol ini dapat memicu gangguan sistem kerja jantung. Untuk jantung yang lebih sehat, minumlah jahe hangat secara rutin, terutama jika Anda hobby makan makanan berlemak dan berkolesterol tinggi.

  1. Menghindari kanker usus

Jahe sudah teruji secara klinis dapat menghindarkan kita dari bekteri penyebab kanker usus besar. Orang yang rutin mengkonsumsi jahe dengan takaran dan jenjang waktu yang pas akan memiliki usus besar yang sehat, sehingga proses pembuangan kotoran dari dalam tubuh lebih lancar.

  1. Mengobati rematik

Jahe bakar yang dihaluskan dapat digunakan sebagai obat rematik dengan cara dibalurkan ke bagian tubuh yang terserang rematik. Tunggu beberapa menit hingga rasa panasnya merasuk, Anda akan merasa badan anda lebih nyaman setelah rutin membalurkan jahe bakar ini.

Selain berguna untuk kesehatan, tanaman herbal ini juga memiliki khasiat untuk kecantikan, terutama bagi wanita yang lebih memperhatikan penampilannya. Jahe dapat membantu Anda karena memiliki manfaat sebagai berikut,

  1. Membantu proses diet

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan demi mendapatkan tubuh yang lebih menarik dan ideal, konsumsilah jahe secara rutin. Manfaat jahe yang dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi kadar lemak dalam tubuh akan mempercepat penurunan berat badan.

  1. Mengecilkan perut

Perut yang buncit memang sangat mengganggu penampilan. Solusi untuk meratakan perut buncit ini yaitu dengan minum jahe hangat sebelum makan. Jahe berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga mempercepat pencernaan. Jahe juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan buang air besar sehingga tidak ada lemak dan kotoran yang tertimbun dalam perut dan menyebabkan perut bucit.

Dari manfaat jahe diatas, tidak heran kenapa bangsa kita sering dijajah negara lain demi mendapatkan rempah-rempah dari Indonesia. Tidak ada salahnya kita menanam jahe dirumah sebagai TOGA yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kita setiap saat. Herbal ini juga tidak kalah ampuhnya dibanding obat-obatan mahal, kita juga tidak perlu mengkhawatirkan efek samping dari rempah alami ini.