Manfaat Bawang Putih Dibalik Baunya yang Khas

Bawang putih sering digunakan dalam bumbu masakan. Rasa dan aromanya yang khas sangat cocok dengan berbagai masakan di Indonesia. Tidak heran jika bawang putih ini masuk dalam bumbu inti yang selalu dianggap penting. Selain untuk menambah rasa masakan, manfaat bawang putih yang perlu kita ketahui adalah untuk kesehatan.

Dari fakta nutrisi yang diperoleh melalui penelitian, bawang putih ini aman dikonsumsi karena tidak mengandung kalori, kolesterol dan minyak jenuh. Manfaat bawang putih yang sangat beragam ini didapat dari kandungan nutrisinya yang berupa vitamin C yang tinggi, kalsium, zat besi, dan beberapa karbohidrat serta serat sehat. Tidak masalah jika mayoritas masakan diberi bumbu bawang putih. Secara tidak sadar kita telah mendapatkan manfaat dari bawang putih ini saat menyantap hidangan. Zat yang paling penting pada bawang putih adalah senyawa Allicin. Senyawa ini yang memberikan bau khas menyengat pada bawang putih, namun khasiatnya untuk kesehatan sangat baik.

Beberapa manfaat bawang putih yang bisa kita dapatkan antara lain,

  1. Menangkal radikal bebas

Bawang putih ini juga memiliki zat antioksidan seperti pada buah dan sayuran. Zat antioksidannya juga sangat tinggi dan dipercaya ampuh menangkal radikal bebas penyebab penyakit.

  1. Zat anti bakteri

Bawang putih bermanfaat untuk membunuh bakteri jahat pada tubuh kita. Penggunaannya sama seperti anti septik. Anti bakteri ini berguna untuk membunuh kuman pada gigi berlubang dan mata bintitan. Cukup letakkan pada lubang gigi dan oleskan bawang putih halus pada mata yang bengkak, sakit gigi akan hilang dan bintitan akan mengempes.

  1. Pencegah kanker

Antioksidan dan zat anti bakteri yang terkandung pada bawang putih dapat membantu membunuh bakteri penyebab timbulnya sel kanker. Konsumsi bawang putih ini secara teratur dengan cara digunakan sebagai bumbu makanan sehat seperti bumbu sayuran. Kombinasi sayur dan bawang putih akan lebih efektif memerangi resiko kanker.

  1. Mengatasi hipertensi

Banyak riset yang dilakukan terhadap bubuk bawang putih. Dan riset tersebut memberikan fakta bahwa kandungan pada bawang putih ini dapat menurunkan tekanan darah hingga lebih dari 7%. Bahkan orang yang memiliki tekanan darah normal dapat diturunkan tekanannya jika rutin mengkonsumsi bawang putih.

  1. Memerangi kolesterol jahat

Manfaat ini juga sudah teruji secara klinis. Konsumsi bawang putih secara cerdas dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dalam darah, namun tidak berpengaruh pada kolesterol baik. Bawang putih juga dapat memacu produksi insulin pada darah, sehingga terhindar dari diabetes. Kesimpulannya, konsumsi bawang putih secara rutin dapat menyehatkan darah, dimana kolesterol jahat dan gula darah akan berangsur-angsur berkurang.

  1. Mencegah kepikunan

Penyakit pikun seperti demensia dan alzeimer bukan tidak ada obatnya. Obatnya ada di dapur kita, yaitu bawang putih. Antioksidan dan zat-zat lain yang terkandung pada bawang putih dapat mencegah penuaan dini dan kerusakan pada syaraf yang menyebabkan gangguan otak umum seperti alzeimer dan demensia. Zat dan khasiat lainnya membuat bawang putih ini dipercaya sebagai bahan untuk panjang umur.

  1. Menurunkan berat badan

Jika ingin proses diet cepat dan murah, konsumsi saja bawang putih. Bawang putih ini mengandung zat anti inflamasi, yaitu zat yang membantu pembentukan lemak. Bawang putih akan mengatur pembentukan sel lemak dalam tubuh agar tidak berlebihan.

Dilihat dari manfaat bawang putih yang sangat melimpah, jangan hindari bawang putih ini karena baunya yang menyengat. Bau yang menyengat tidak sebanding dengan manfaatnya yang begitu ampuh melawan penyakit hingga disebut sebagai bahan untuk umur panjang.